Resep Untuk Para Aktifis

Prof Dr Dien Syamsuddin, MA, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan rumusan untuk dijadikan sebagai bekal aktifitas oleh seluruh warga Muhammadiyah. Rumusan ini disampaikan di Surabaya pada saat membuka acara Kajian Ramadlan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang bertema “Membangun Budaya Organisasi yang Islami”. Di hadapan sekitar 700 orang Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah seluruh Jawa Timur, Sabtu, 13 September 2008, rumusan itu disebut dengan istilah “5-K“.

Berturut-turut 5-K yang dimaksud adalah :
Keimanan
Merupakan sebuah keniscayaan bahwa aktifitas apapun harus dilandasi oleh keimanan, sebuah keyakinan bahwa apa yang dilakukan warga Muhammadiyah merupakan perintah yang bersumber pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Muhammad SAW.
Kebajikan
Bahwa warga Muhammadiyah harus mengaplikasikan keimanannya melalui serangkaian tindakan nyata, melalui perbuatan yang membawa manfaat bagi masyarakat sekitar (sebagaimana diajarkan KH Ahmad Dahlan melalui teologi Al Maun)
Keikhlasan
Dalam segala geraknya warga Muhammadiyah hendaknya mengedepankan keikhlasan, bukan mencari keuntungan semata. Hal ini sudah umum diketahui melalui slogan yang sering didengungkan “Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah”
Kemajuan
Muhammadiyah sering menyebut diri dengan organisasi Islam yang berkemajuan. Dengan demikian, adalah sebuah keharusan bagi warganya untuk berpikir dalam kerangka jangka panjang dan selalu bertindak dalam upaya menuju perbaikan, baik bagi individu maupun masyarakat.
Kebersamaan
Sebagai organisasi yang menyebut diri persyarikatan, gerak Muhammadiyah adalah gerak seluruh warga, bukan hanya pimpinan lebih-lebih individu tertentu. Untuk itu, sangat diperlukan semangat kebersamaan dalam setiap aktifitas warga Muhammadiyah.
Pak Dien berharap, jika semua warga menjadikan 5-K ini sebagai syarat aktifitasnya, maka inilah yang akan menjadi budaya berorganisasi dalam Muhammadiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>