Laskar Pelangi, charger kita semua !!

Film Laskar Pelangi telah hadir, bioskop-bioskop segera berjejal oleh penonton yang penasaran ingin menyaksikan gambaran visual kehidupan laskar yang beranggotakan 10 anak belitong tersebut. Gelak tawa dan tangis haru adalah wujud emosi penonton yang tersentuh selama menikmati pertunjukan tersebut.

Lalu apa penjelasan Andrea mengenai film ini, khususnya bagi warga Muhammadiyah?

Berikut kutipan dari www.muhammadiyah.or.id, mengenai penegasan Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi, saat di hubungi redaksi muhammadiyah.or.id melalui sambungan telepon, Jum’at (27/09/2008) :

“Selain sebagai gerakan pendidikan, Muhammadiyah juga sebagai gerakan budaya. Film juga merupakan komponen penting dari budaya, dan film Laskar Pelangi bagi saya merupakan persembahan saya pada Muhammadiyah.”

Menurut Andrea, Film Laskar Pelangi merupakan Film yang sangat Muhammadiyah, dimana banyak nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah yang tertanam di setiap pendidikan dasarnya termuat dalam film tersebut.

“Syukur alhamdulillah setelah berpuluh-puluh tahun akhirnya Muhammadiyah punya film, dan melalui film ini, saya ingin memperkenalkan nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah yang selama ini saya dapat melalui pendidikan dasarnya,” jelas Andrea.

Lebih lanjut menurut Andrea, berkaitan dengan peluncuran film Laskar Pelangi mulai tanggal 25 Sepetember 2008, adalah peluang besar bagi Muhammadiyah untuk memperlihatkan, betapa hebat dan mulia nilai-nilai yang selama ini dikembangkan dalam diri Muhammadiyah.

“Saya harap film ini wajib ditonton warga Muhammadiyah, bagi yang tua maupun muda, karena banyak pesan yang terkandung di dalamnya. Buku Laskar Pelangi, buku yang sangat Muhammadiyah, telah menjadi buku terlaris dalam sejarah Indonesia, Film Laskar Pelangi, film yang sangat Muhammadiyah, sepanjang saya dengar kemarin, juga mencatat penonton terbanyak pada pemutaran film perdana di Indonesia,” ungkap Andrea.

laskar pelangiNah, buat kita semua terutama yang mengaku sebagai warga Muhammadiyah, meskipun film ini sarat nilai-nilai Muhammadiyah yang membanggakan, tapi tentu saja tidak cukup sampai di sini. Justru tantangan bagi kita semua adalah bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai yang diangkat tersebut sehingga tetap menjadi hal yang membanggakan. Jangan sampai kita terlena dengan kebanggaan ini tanpa berusaha mempertahankannya, sehingga kebanggaan ini hanya akan menjadi sejarah/kenangan.

Ayo Bangkit Warga Muhammadiyah !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>