Kemana arah gerakmu, Nasyiah?

Nasyiah bukan merupakan satu-satunya organisasi perempuan di Indonesia. Ada banyak organisasi perempuan, baik yang merupakan turunan dari organisasi induk (sebagaimana Nasyiah adalah turunan dari Muhammadiyah), maupun yang sengaja berdiri atas nama gerakan perempuan.

Nah, di tengah konstelasi gerakan-gerakan ini, Nasyiah Jawa Timur merasa perlu membekali kader-kadernya dengan materi yang menyuguhkan potret dari berbagai gerakan yang ada, untuk kemudian dapat memposisikan diri dengan pas.

Pas, tidak ragu, tidak bimbang sana-bimbang sini, tidak setengah sana-setengah sini… dan segala formula pas yang lain.

Apakah ini artinya nasyiah masih mencari jati diri? Tidak juga. Sebenarnya jati diri nasyiah sudah jelas, yaitu sebuah organisasi otonom Muhammadiyah, merupakan gerakan putri Islam yang bergerak di bidang keperempuanan, keagamaan, kemasyarakatan dan pendidikan. Cita-cita nasyiah pun jelas termuat dalam AD/ART yaitu organisasi yang ingin membentuk putri Islam yang berarti bagi keluarga, bangsa dan agama menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Nah, dalam rangka memantapkan jati diri dan meluruskan jalan menuju cita-cita itulah, materi ini akan disampaikan sebagai agenda sisipan Musyawarah Wilayah Nasyiah Jawa Timur di Malang, 26-28 Maret 2009. Bertindak sebagai pembicara materi ini, insyaAllah Bapak Dr. H. Haedar Nashir, MSi, Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Mudah-mudahan penyampaian materi ini mampu mengokohkan kembali ideologi kader Nasyiah, mampu menambah kepercayaan diri sehingga lebih mantap dan jelas arah geraknya. Amiin ya robbal ‘alamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>