Nasyiah Cetak Kader Mubalighat

Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Jawa Timur memiliki komitmen yang kuat untuk melahirkan kader – kader mubalighot sebagai kekuatan ujung tombak perjuangan mewujudkan tujuan Muhammadiyah yaitu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar – benarnya. Aplikasi dari komitmen ini diawali dengan mengadakan Training of Trainer Mubalighot I. Acara ini diadakan pada hari Jumat dan Sabtu, tepat pada tanggal 12 – 13 Rabiul Awwal 1431 H/26 – 27 Februari 2010. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Sejahtera Surabaya. Tema dari kegiatan ini adalah “Mencetak Mubalighot Berkarakter dan Bersemangat Kebangsaan”.



Training of Trainer Mubalighot I diikuti kurang lebih 50 orang peserta dari perwakilan PD Nasyiah di Jawa Timur. Peserta mendapatkan materi yang berhubungan dengan strategi dan pengembangan dakwah di ranah akar rumput. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain Pengantar ilmu dakwah dan profil mubalighot yang berkarakter kebangsaan, MKCH dan Kepribadian Nasyiah, Psikologi Sosial dan Massa, Menejemen dan Strategi Dakwah, Retorika, Telaah Referensi Dakwah daan diakhiri dengan Mikro Tabligh.


Kegiatan Training of Trainer Mubalighot I dibuka oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, yang diwakili Bapak Najib Hamid. Pada pidato pembukaannya, beliau berpesan agar pimpinan Nasyiah harus memiliki semangat untuk memanfaatkan waktu sebaik – baiknya yaitu dengan selalu tepat waktu setiap mengadakan kegiatan, selain itu pimpinan Nasyiah harus bersedia menahan diri dari segala keburukan yang ada di lingkungan masyarakat, selalu berusaha untuk melaksanakan perintah yang si nashkan dalam Al Quran dan Hadits serta khittah perjuangan Muhammadiyah. Dalam pidato pembukaan tersebut, juga terungkap kekhawatiran tentang Nasyiah 10 tahun kedepan apakah masih ada ataukah hanya tinggal nama. Oleh karena itu Nasyiah harus selalu mengadakan reproduksi kader, dengan harapan Muhammadiyah dan Nasyiah tidak ditinggalkan oleh masyarakat.


Pada kesempatan tersebut juga diadakan sosialisasi Program Kursus Calon Pengantin dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. Dalam sosialisasi ini Nasyiah mendapatkan kehormatan yang luar biasa, karena materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Drs. H.M. Asyhuri, MM selaku Kepala Bidangan Urusan Agama Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur. Di tengah kesibukannya beliau bersedia menyediakan waktunya untuk mengisi Stadium General kegiatan Training of Trainer Mubalighot I, karena beliau merasa memiliki keterikatan dengan Muhammadiyah dan Nasyiah. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang tata cara perkawinan yang sesuai dengan UU RI No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan, dengan harapan peserta Training of Trainer Mubalighot I, mengetahui tatacara yang benar tentang perkawinan yang sesuai dengan UU agar tidak mengalami penyesalan setelah terjadi proses perkawinan. Beliau juga menyampaikan agar menghindari perkawinan sirri, karena sangat merugikan kaum perempuan, beliau sangat menegaskan agar pernikahan dicatatkan di Kantor Urusan Agama, karena apabila terjadi kegagalan dalam berumahtangga, permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara hukum. Saat ini kantor pengadilan Agama mencatat naiknya jumlah kasus perceraian. Adapun sebab – sebab terjadinya perceraian antara lain adalah poligami, KDRT, perselingkuhan, ekonomi, menikah pada usia muda dan pernikahan karena dijodohkan oleh orang tua.


Peserta pelatihan Training of Trainer Mubalighot I begitu antusias mengikuti materi pelatihan dari awal hingga akhir penutupan kegiatan. Tak lupa pula masing – masing dari peserta pelatihan diharapkan untuk mengadakan pelatihan serupa di tingkat Daerah, Cabang dan Ranting dengan harapan kegiatan ini bisa mencetak kader – kader Daiyah Nasyiah yang berkualitas dan siap diterjunkan di masyarakat. Sehingga nama Nasyiah dan Muhammadiyah akan tetap ada di masyarakat hingga 100 tahun ke depan. (nurul fitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>