Dana 300 Juta Bagi Peternak

Ada yang menarik ketika kemaren sore menghadiri acara yang diadakan oleh bidang ekonomi Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah di hotel UMM Inn, hari Sabtu, 8 Mei 2010, yaitu keinginan mendasar dari teman2 Pemuda untuk memiliki amal. Acara yang berjudul Jaringan Ekonomi dan Sosial Pemuda Muhammadiyah “Membangun Jejaring Ekonomi dan Sosial Dalam Rangka Membentuk Kemandirian Pangan” , ini merupakan upaya yang jemput bola yang terhadap program yang digulirkan oleh pemerintah melalui Fakultas Peternakan dan Perikanan UMM. Pemerintah mengeluarkan program SARJANA MASUK DESA (SMD), dengan mendapatkan dana hibah 300 juta.

Untuk mendapatkan dana tersebut SMD harus melakukan aksi nyata di bidang peternakan. Harapan dari pemerintah adalah setelah mendapatkan dana hibah, maka SMD akan membuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia. Namun, dana tersebut tidak serta merta diberikan, harus melalui beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti;

  1. SMD harus Sarjana atau Diploma peternakan atau dokter hewan
  2. Memiliki keanggotaan 10 orang
  3. SMD dan anggota harus berada dalam satu desa
  4. Anggota kelompok telah melakukan kegiatan peternakan
  5. Lahan peternakan bukan milik pribadi tetapi milik kelompok

Karena namanya dana hibah maka tidak ada kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut, tetapi memiliki kewajiban untuk mengembangkan usaha ini menjadi perusahaan, sehingga ada hubungan dengan perbankan untuk pemenuhan kebutuhan modal.

Ini merupakan peluang usaha yang luar biasa, klo anda tertarik segeralah ke ke fakultas pertanian dan perikanan UMM, untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Pelajaran yang hendak dicapai dalam program ini adalah, sudah saatnya bagi Angkatan Muda Muhammadiyah untuk membumi dengan melakukan aksi nyata bagi masyarakat.

-V3-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>