Laporan Pelaksanaan Musyawarah Wilayah X PWNA Jawa Timur

Assalammualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

-Surabaya- Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah Jawa Timur menyelenggarakan Musyawarah Wilayah X tanggal 24-25 Desember 2012 di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sebagai rangkaian kegiatan Musywil ini secara paralel diadakan Pelatihan Guru PAUD dan Darul Arqom Nasyiatul ‘Aisyiyah (DANA 3) pada dua hari sebelumnya, tanggal 22-23 Desember 2012.

Musywil yang dihadiri 169 orang kali ini mengangkat tema “Nasyiah dalam aksi advokasi untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak”. Untuk menunjang tema ini, dilakukan aksi Donor Darah dan Pemeriksaan Pap Smear Murah. Dua kegiatan ini dipilih sebagai sebuah upaya penyadaran akan pentingnya berbagi untuk mengatasi kondisi kritis masyarakat serta pentingnya pemeriksaan dini kesehatan untuk mencegah resiko yang lebih besar lagi.

Di samping aksi kesehatan, sebagai materi prasaran program, panitia Musywil mencoba untuk mengangkat tema advokasi kesehatan dengan menghadirkan tiga pembicara, yaitu dari Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur dan Bapak Doding Komarudin, seorang relawan kesehatan yang memiliki banyak pengalaman dalam melakukan aksi-aksi sosial di bidang kesehatan. Pengelola Yayasan Desaku Yang Kucinta ini telah banyak melakukan aksi menolong masyarakat kurang beruntung dalam mengakses kesehatan, sebagaimana pernah ditayangkan dalam acara Kick Andy Show. Diharapkan musyawirin yang berasal dari daerah-daerah di seluruh Jawa Timur ini cukup mendapat inspirasi program dari apa yang disampaikan.

Musywil dibuka oleh Bapak Prof Thohir Luth MA, yang dalam sambutannya menyampaikan ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan untuk menjaga soliditas dalam berorganisasi, yang pertama adalah komitmen pimpinan untuk meluangkan waktu bagi organisasi, mengingat bahwa menjadi pimpinan itu merupakan sebuah amanah. Yang kedua harus menjaga soliditas dengan organisasi lain yang memiliki misi sama, khususnya di internal Muhammadiyah. Dan yang ketiga adalah pimpinan harus mentaati hasil rapat dengan segala konsekuensinya.

Sebagai puncak acara musywil, terpilih Saudari Ummu Sulaim sebagai Ketua Nasyiatul ‘Aisyiyah Jawa Timur Periode 2012-2016. Aktivis yang sehari-harinya juga merupakan salah seorang pengajar di SD Muhammadiyah Pucang ini terpilih dalam sidang formatur dan mendapat dukungan penuh dari anggota formatur. Dalam sambutan sebagai ketua terpilih, Ummu Sulaim menyampaikan bahwa untuk menghadapi tantangan Nasyiah ke depan yang pasti lebih berat, mutlak diperlukan dukungan semua pihak, untuk bahu membahu, sehingga tantangan yang dihadapi akan terasa lebih ringan.

Wassalammualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>